VISI
Menjadikan perpustakaan Perguruan Tinggi DARMAJAYA sebagai salah satu pusat Informasi dalam bidang ilmu pengetahuan, dan teknologi yang mendukung kegiatan belajar– mengajar, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (Tridarma Perguruan Tinggi).
MISI
1. Menyediakan Informasi Ilmu pengetahuan dan teknologi.
2. Menyediakan Informasi yang relevan untuk kebutuhan pendidikan, penelitian dan
pengabdian kepada masyarakat.
3. Memberikan pelayanan kepada user (pengguna jasa layanan perpustakaan) secara
mudah dan efisien.
4. Menyediakan tempat yang nyaman untuk belajar.
5. Menyediakan fasilitas teknologi informasi untuk mengakses informasi baik ke
dalam maupun ke luar perpustakaan.
6. Menunjang dan berperan serta dalam melaksanakan tercapainya visi dan misi
Perguruan Tinggi DARMAKJAYA.
Fasilitas
Dalam hal pelayanan perpustakaan Darmajaya sudah dilengkapi System Komputer otomasi dan Online Public Access Cataloge (Intranet dan Internet)
1. Ruan baca , ruang koleksi dan ruang pengolahan
2. Kursi Baca
3. Meja Baca
4. Rak Buku
5. AC
6. Komputer
7. CCTV
8. Printer
9. Mesin Tik
10.Scanner Barcode
11. Locker Penitipan Tas
ORGANISASI
Ka. Perpustakaan : Ir. R.E. Harahap
Pelestarian : A. Rohim, A.Md.
EDP : Isna Agustina, S.Kom.
Sirkulasi : Dian Puspa Y., A.Md.
Pengolahan : Yanti, A.Md.
Administrasi : Budi Sampurno
MENJADI ANGGOTA PERPUSTAKAAN
Kebijakan :
Pengguna /pengunjung perpustakaan harus menjadi anggota perpustakaan lebih dahulu baru bisa akses ,meminjam buku ( koleksi ) pada perpustakaan
Syarat – syarat menjadi anggota :
1. Mahasiswa,dosen ,karyawan STMIK-STIE Darmajaya.
2. Mengisi Form No.VII.0.1
3. Melampirkan Fhoto copy identitas (tanda pengenal),pas foto 2x3 dan 3x4, 1 lbr
4. Membayar biaya administrasi
Waktu pelaksanaan :
3 hari setelah pengusulan
PROSEDUR PELAKSANAAN
Mahasiswa/ Dosen/ Karyawan STMIK-STIE Darmajaya(Calon Anggota)
1. Mengisi form pendaftaran kartu anggota perpustakaan (terlampir)
2. Melampirkan foto kopy identitas KTP / KTM 1 (satu) Lembar
3. Menyerahkan Pasphoto Ukuran 2 x 3, 1 (satu) lembar dan 3 x 4, 1 (satu) lembar
4. Membayar uang pendaftaran
5. Menyerahkan berkas kepada Staff Administrasi
6. Menerima tanda terima berkas
7. Mengambil kartu anggota
Petugas Perpustakaan
1. Memberikan formulir pendaftaran anggota perpustakaan
2. Membuat dan memberikan tanda terima berkas
3. Mengolah / memasukkan data-data calon anggota perpustakaan kedalam buku induk dan kartu anggota
4. Membuat nomor anggota
5. Memberikan kartu anggota yang telah selesai kepada anggota
MASUK DAN KELUAR RUANG PERPUSTAKAAN
Kebijakan :
Untuk menjaga ketertiban ,ketenangan dan memudahkan pengawasan setiap pengunjung harus mentaati tata tertib yang berlaku pada perpustakaan antara lain:
1. Berpakaian sopan dan tidak menggunakan sandal jepit ( sejenisnya )
2. Tidak diperkenankan memakai jaket,membawa tas,map dan sejenisnya kedalam ruang perpustakaan.
3. Menjaga ketertiban dan ketenagan didalam ruang perpustakaan
4. Tidak diperkenankan makan ,merokok didalam ruang perpustakaan.
5. Menjaga kebersihan.
Syarat – syarat pengunjung :
1. Mahasiswa,dosen ,karyawan STMIK-STIE Darmajaya
2. Menunjukkan identitas
3. Mengisi Form Daftar Hadir Pengunjung No: 0.VII.2
Waktu pelayanan :
Senin s/d Kamis : Pukul 08.00 – 19.00 WIB
Istirahat : Pukul 12.00 - 13.00 WIB
Jumat : Pukul 08.00 - 19.00 WIB
Istirahat : Pukul 11.30 - 13.30 WIB
Sabtu : Pukul 08.00 - 12.00 WIB
PROSEDUR PELAKSANAAN
Mahasiswa/ Dosen/ Karyawan (Anggota)
1. Menunjukkan Identitas kepada staff pelayanan (sirkulasi) pada saat masuk ruang perpustakaan
2. Mengisi formulir/ daftar hadir pengunjung (form terlampir)
3. Meminta nomor locker penitipan barang kepada petugas pelayanan dengan meninggalkan identitas
4. menunjukkan buku (koleksi) yang dibawa (dipinjam) kepada petugas pelayanan pada saat keluar ruang perpustakaan
5. Mengembalikan nomor locker penitipan barang kepada petugas pelayanan saat keluar ruang perpustakaan
PetugasPerpustakaan
1. Memeriksa, meneliti identitas pengunjung pada saat masuk ruang perpustakaan
2. Menyediakan formulir daftar hadir pengunjung / peminjam (form terlampir)
3. Memberikan nomor locker penitipan barang
4. Menerima kembali nomor locker penitipan barang dan mengembalikan identitas pengunjung saat keluar ruang perpustakaan
PEMINJAMAN BUKU (KOLEKSI) PERPUSTAKAAN
Kebijakan :
1. Yang dapat meminjam buku (koleksi) sudah menjadi anggota perpustakaan
2. Setiap anggota hanya dapat meminjam buku sebanyak 2 (dua) judul ,dan
3. judul tidak boleh sama.
4. Untuk Mahasiswa Lama peminjaman 7 (tujuh) hari dan dapat diperpanjang 7
5. hari (jika tidak ada yang memesan)
6. Untuk Dosen lama peminjaman 2 (dua) minggu dan dapat di perpanjang 2
7. minggu
8. Buku referensi tidak dapat dipinjam ,hanya dapat di fhoto copy
9. Skripsi,Tugas akhir,Laporan KP,tidak dapat dipinjam dan di fhoto copy
10. Peminjam tidak diperkenankan memakai kartu anggota orang lain.
11. Peminjam yang belum mengembalikan pinjaman tidak diperkenankan meminjam buku
12. Sistem penataan koleksi terbuka
Waktu pelayanan :
Senin s/d Kamis : Pukul 08.00 – 19.00 WIB
Istirahat : Pukul 12.00 – 13.00 WIB
Jumat : Pukul 08.00 – 19.00 WIB
Istirahat : Pukul 11.30 – 13.30 WIB
PROSEDUR PELAKSANAAN
Mahasiswa/ Dosen/ Karyawan (Anggota)
1. Memilih / mencari buku atau bahan pustaka yang diinginkan pada rak buku
2. Menyerahkan buku (koleksi) kepada petugas pelayanan (sirkulasi)
3. Menyerahkan kartu anggota kepada petugas pelayanan (sirkulasi)
4. Mengisi daftar peminjaman (Form terlampir)
Petugas Perpustakaan
1. Meneliti, memeriksa buku (koleksi), kartu anggota yang akan dipinjam
2. Mengambil kartu buku yang tersimpan pada kantong buku (Form terlampir)
3. Mencatat nama peminjam dan tanggal kembali pada kartu buku dan lembar kembali yang ada pada buku(Form terlampir)
4. Memberikan buku (koleksi) kepada peminjam
5. Kartu buku diletakkan dan disusun pada kotak kartu pinjam berdasarkkan tanggal pengembalian
PENGEMBALIAN BUKU (KOLEKSI) PERPUSTAKAAN
Kebijakan :
1. Keterlambatan pengembalian buku pinjaman dikenakan denda Rp.200/hari/buku
2. Buku yang dipinjam bisa dikembalikan salah satunya terlebih dahulu
3. Buku yang dipinjam jika rusak atau hilang harus diganti sesuai dengan buku yang dipinjam.(buku yang baru)
Syarat syarat:
Membawa buku yang akan di kembalikan
Waktu pelayanan :
Senin s/d Kamis : Pukul 08.00 – 19.00 WIB
Istirahat : Pukul 12.00 – 13.00 WIB
Jumat : Pukul 08.00 – 19.00 WIB
Istirahat : Pukul 11.30 – 13.30 WIB
Sabtu : Pukul 08.00 – 12.00 WIB
PROSEDUR PELAKSANAAN
Mahasiswa/ Dosen/ Karyawan (Anggota
1. Buku (Koleksi) yang akan dikembalikan diserahkan kepada petugas pelayanan (sirkulasi)
2. Menerima kembali kartu anggota
Petugas Perpustakaan
1. Menerima, memeriksa, meneliti kondisi bahan (koleksi) dan tanggal kembali
2. Mengambil kartu buku pada kotak kartu pinjam
3. Meletakkan kembali kartu buku pada kantong buku
4. Memberikan Kartu Anggota yang meminjam
5. Menyusun buku pada rak buku
MEMBACA BUKU (KOLEKSI) PERPUSTAKAAN
Kebijakan:
Buku (koleksi) perpustakaan hanya dapat dibaca (akses) oleh mahasiswa, dosen, karyawan STMIK – STIE Darmajaya.
Diruang baca tidak diperkenankan ribut , berdiskusi, merokok, makan yang akan mengganggu ketenangan dan ketertiban.
Syarat-syarat
Mahasiswa,dosen,karyawan Darmajaya
Waktu pelayanan :
Senin s/d Kamis : Pukul 08.00 – 19.00 WIB
Istirahat : Pukul 12.00 - 13.00 WIB
Jumat : Pukul 08.00 - 19.00 WIB
Istirahat : Pukul 11.30 - 13.30 WIB
Sabtu : Pukul 08.00 - 12.00 WIB
PROSEDUR PELAKSANAAN
Mahasiswa,dosen,karyawan Darmajaya
1. Menunjukkan identitas saat masuk ruang perpustakaan kepada petugas pelayanan (sirkulasi)
2. Memilih, mencari sendiri buku (koleksi) yang akan dibaca pada rak buku
3. Membaca pada ruang baca yang ada
4. Meletakkan, mengembalikan buku (koleksi) yang selesai dibaca pada rak buku semula atau troli yang disediakan khusus
Perpustakaan
1. Memeriksa Identitas pengunjung
Menyusun kembali buku (koleksi) yang telah dibaca pada rak semula (sesuai
Klasifikasi
PENYERAHAN TUGAS AKHIR, SKRIPSI, DAN LAPORAN KERJA PRAKTEK,PENELITIAN,BUKUAJAR.JURNAL,THESIS
Kebijakan
Apabila telah melakukan ujian Tugas Akhir,atau Skripsi atau Laporan Kerja Praktek maka wajib menyerahkan Hard copy dan soft copy pada perpustakaan
Syarat-syarat
1. Skripsi,Tugas akhir dan Laporan Kerja Praktek telah dijilid sesuai dengan ketentuan yang berlaku
Waktu pelayanan :
Senin s/d Kamis : Pukul 08.00 – 19.00 WIB
Istirahat : Pukul 12.00 - 13.00 WIB
Jumat : Pukul 08.00 - 19.00 WIB
Istirahat : Pukul 11.30 - 13.30 WIB
Sabtu : Pukul 08.00 - 12.00 WIB
PROSEDUR PELAKSANAAN
Mahasiswa
1. Menyerahkan Tugas Akhir, Skripsi, dan Laporan Kerja Praktek kepada petugas pelayanan (Sirkulasi)
2. Menerima tanda terima penyerahan berkas(Form terlampir)
Dosen
1. Menyerahkan laporan penelitian,buku ajar,dan
Thesis
2. Menerima tanda terima penyerahan berkas.
BEBAS PINJAMAN PUSTAKA
Kebijakan :
Mahasiswa yang akan mendapatkan bebas pinjaman perpustakaan harus menyerahkan buku yang judul buku ditentukan petugas perpustakaan.
Judul buku disesuaikan dengan kurikulum pada jurusan (yang di pakai pada jurusan)
Kartu anggota perpustakaan ditarik oleh petugas perpustakaan dan secara otomatis yang bersangkutan bukan lagi anggota perpustakaan,dan tidak dapat lagi meminjam buku (koleksi) perpustakaan.
Syarat – syarat :
1. Membawa kartu perpustakaan
2. Membawa buku yang telah di tentukan dengan standar buku:
1. Untuk Diploma Tiga (D3), minimal 300 halaman
2. Untuk Strata Satu (S1), minimal 400 halaman
PROSEDUR PELAKSANAAN
Mahasiswa
1. Menanyakan judul buku yang akan disumbangkan ke perpustakaan
2. Menyerahkan Buku yang telah ditentukan oleh petugas
3. Menyerahkan Kartu anggota perpustakaan
4. Menerima tanda bukti bebas perpustakaan(Form terlampir)
Petugas Perpustakaan
1. Memberikan judul buku yang akan diserahkan kepada mahasiswa
2. Menerima, mencatat identitas mahasiswa dan judul buku yang diserahkan / disumbangkan
3. Menerima kartu anggota perpustakaan
KOLEKSI
Buku Encylopedia
Jurnal
Laporan KP
Majalah
Skripsi
Thesis
Tugas Akhir
About The Bloggers
- BambangOke
- Universitas Lampung, Lampung, Indonesia
- Bambang eko mahasiswa teknik elektro 2005 universitas lampung yang suka mencari teman yang merantau belajar dari belitang oku timur Ngeblog, sharing dan Browsing merupakan hal yang sangat menyenangkan Saat ini sedang mengelola blog sebagai tempat tutorial make money with blog Tutorials SEO Blog and support buat Download Software
Kegiatan DJ Expo 2008??
Bambang Oke Blog | Just My Blogger Bembenk
Kategori
Arsip Blog
-
▼
2008
(28)
-
▼
June
(23)
- MOU HELP dan Darmajaya
- Daftar perguruan tinggi swasta di Lampung
- Forum STMIK-STIE Darmajaya
- Ikatan Alumni Darmajaya
- Acara Darmajaya Expo 2008 di buka oleh Aburizal Ba...
- DARMAJAYA WEB BLOG COMPETITION 2008 (Dj Blogger 2...
- Darmajaya Siap Bergabung Dengan Universitas Dunia
- Darmajaya Go Internasional
- Sistem Pendidikan
- Peta Kampus Darmajaya
- Laboratorium Akuntansi
- Tanah dan Bangunan
- Laboratorium Elektronika
- Laboratorium Multimedia
- Laboratorium Bahasa
- Aula
- Laboratorium Jaringan
- Laboratorium Komputer
- Laboratorium Internet
- Ruang Perkuliahan
- Profil Perpustakaan
- Fasilitas Perpustakaan
- STMIK - STIE Darmajaya Lampung
-
▼
June
(23)
Ikatan Alumni Darmajaya
Friday, June 13, 2008
Profil Perpustakaan
Top of Page Top of Post Labels: fasilitas
Berlangganan Berita
Post Comments (Atom)
0 comments:
Post a Comment